MDPT UED SP Rajawali Desa Sumber Jaya Kecamatan Siak Kecil (14/03/2018)

Mulai tayang: Jumat, 16 Maret 2018 - 18:06:29 WIB

SUMBER JAYA -- Sebagai penanggungjawab kepada masyarakat, pemerintah Desa dan Dinas terkait yang berada di Kabupaten Bengkalis, Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED SP) Rajawali menggelar Musyawarah Desa Pertangungjawaban Tahunan (MDPT) 2017. Rabu (14/03/2018)

MDPT UED SP di laksanakan di halaman Kantor Desa Sumber Jaya Kecamatan Siak Kecil yang dihadiri pemanfaat aktif dan lancar.

Selain ratusan pemanfaat hadir juga dari pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis Kasi Pengembangan Usaha Ekonomi (PUE) Benny Nasriawan, Spesialis Data Sarwani, Kades Sumber Jaya Muhammad Hariyanto, Korcam Siak Kecil bidang Ekonomi Herman, Korcam Siak Kecil Bidang Pembangunan Supriyadi, Pendamping Desa T.Syahrian, mantan pendamping Desa Sumber Jaya Ali Hasan, pendamping Desa pembangunan Tumaji Sutejo, Ketua UED SP Rajawali Suratno dan anggota, Ketua BPD Buhadi, Ketua LKMD Sarju, Direktur Badan Usaha Milik (BUM) Desa Sistiawan dan pengurus serta tokoh masyarakat.

Sebelum pembagian doorprize dan reward bagi pemanfaat lancar dan aktif, Ketua UED SP Suratno membacakan keadaan keuangan UED SP Rajawali.

"Sisa hasil usaha (SHU) tahun 2017 sebesar Rp 101 juta lebih dan di peruntukan untuk doorprize 35% serta tunggakan sebesar 12%", terang Ketua UED SP Rajawali Suratno.

Selanjutnya Kades Sumber Jaya mengatakan, UED SP yang di Desa ini mulai berjalan dari tahun 2011 sampai sekarang, inilah tunggakan yang paling besar mencapai 12%.

"Pemanfaat harap untuk melunasi pinjamannya, supaya tunggakan 12% sekarang ini bisa turun sedikit demi sedikit", harap Kades Sumber Jaya Hariyanto.

Dalam meningkatkan ekonomi di Desa maupun Kelurahan, pemerintah Kabupaten Bengkalis mengkucurkan dana ke UED SP melalui pemerintah Desa setempat demi untuk memudahkan masyarakat dalam mencari pinjaman untuk membuka usaha atau pun mengembangkannya.

"Dana yang di kucurkan ke UED SP sebagai Bukti kepedulian pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Desa dan Kelurahan", ungkap Kasi (PUE) Benny.

"Dana UED SP yang ada di Desa dan kelurahan itu sudah menjadi dana abadi dan harap di jaga", tambahnya.

Dengan sudah adanya UED SP yang masuk ke rena hukum, seperti UEK Kelurahan Duri Timur dan Desa Kadur kecamatan Rupat Utara dan UED SP yang ada di Desa sekarang ini di harapkan untuk berhati-hati.

Pada saat sekarang ini UED SP Rajawali Desa Sumbar Jaya dengan tunggakan 12%, jangan ada yang tunggakan fiktif atau murni tunggakan pemanfaat.

"Pengelola UED SP Rajawali Jangan ada yang berurusan dengan pihak yang berwenang gara-gara pengelola yang tidak transparan", ingat benny.

Seterusnya acara MDPT di lanjutkan dengan pembagian doorprize dengan hadiah utama lemari es dua pintu. (AT)

4 Komentar

  1. romsyah
    romsyah 22 Februari 2017 - 17:45:43 WIB

    UED-SP Menara Desa Pematang Duku Kecamatan Bengkalis Mantaaaaap...........................

    1. romsyah
      romsyah 22 Februari 2017 - 17:46:54 WIB

      UED-SP Menara Desa Pematang Duku Kecamatan Bengkalis, Mantaap

      1. indra sukma
        indra sukma 23 Februari 2017 - 08:24:56 WIB

        Pertanyaan : kadus sebagai perangkat desa. Apa kah guru honorer di smk diboleh kan menjadi kadus?

        1. indra sukma
          indra sukma 23 Februari 2017 - 08:24:59 WIB

          Pertanyaan : kadus sebagai perangkat desa. Apa kah guru honorer di smk diboleh kan menjadi kadus?

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.